Sebuah blog yang berisi semua tentang perjuangan ngampus, perjuangan anak kos, informatics, teknologi, islami, info-info menarik dan masih banyak yang lainnya :D kunjungi terus blog ini gan !!! -------------------------------------------------------- Blog ini 90% Copy Paste dan 10% Tulisan Sendiri !

Rabu, 12 Februari 2014

Titip Absen (TA)



X : Bro titip absen ya"
Y : Oke bro. Lo sakit bro?"
X : Enggak bro, gue lagi sibuk"
Y : Sibuk apa bro?"
X : Sibuk tidur bro, buat mewujudkan mimpi gue"
Y : -_____- "


Itulah sepenggal smsan 2 orang mahasiswa jangkrik yang sedang bertransaksi titip absen senilai 2 SKS .



Hhmm....

Siapa sih yang enggak tahu titip absen.

Titip absen atau bahasa gaulnya TA ( jangan ditambah i ) adalah salah satu fenomena yang banyak terjadi di dunia mahasiswa. Gue yakin sebagian besar dari kalian (mahasiswa) pasti pernah melakukan titip absen dan ada yang berbisnis joki titip absen dengan omset 10 SKS perhari. Ada mitos, kuliah tanpa titip absen itu ibarat sayur tanpa micin (karena micin lebih enak dari garam)



Salah satu penyebab munculnya titip absen adalah adanya batas minimal jumlah absen buat ujian dan si mahasiswa berhalangan buat berangkat ke kuliah. Kalo jumlah absen kuliah kurang dari batas minimal itu berarti adek angkatan 4 tingkat yang unyu-unyu udah siap menemani kuliah kalian tahun depan. Batas minimal absen di kampus gue adalah kebijakan dari bagian akdemik. Sedangkan dosen gue sendiri banyak yang tidak mempermasalahkan absen. Tapi gue berpikir positif, mungkin gue di luar sana adalah orang yang sangat terkenal, sampai-sampai orang akademik selalu minta tanda tangan gue saat kuliah untuk dijadikan koleksi.



Menurut mitos holic, di mana ada hitam di sana pasti ada putih. Begitu juga dalam batas minimal jumlah absen. Di mana ada batas minimal absen, di sana juga ada jatah libur buat mahasiswa. Sayangnya banyak mahasiwa yang tidak menyadari ini.

Contohnya, saat batas minimal jumlah absen kamu 75 persen untuk ujian itu artinya ada 25 persen libur yang bisa kamu manfaatkan. Jadi kalau ada 16 pertemuan kuliah dalam 1 semester, ada 4 pertemuan yang bisa kamu pakai buat liburan.


Tapi Kenapa Masih Saja Titip Absen?


Namanya manusia, selalu merasa kurang. Udah dikasih jatah libur masih aja titip absen. Menurut gue ada 2 hal yang membuat mahasiswa gag berangkat kuliah lalu titip absen.

Pertama, Sibuk.

Alasan paling gampang kalo titip absen sama temen "gue lagi sibuk bro" entah sibuk ngerjain tugas, sibuk organisasi sibuk ngepel jalanan kampus, sibuk males-malesan, dll, penting atau enggaknya kesibukan itu yang penting alesannya sibuk #sikap .

Kedua adalah gagal menggunakan jatah libur secara tepat.

Saat awal kuliah banyak yang masih males-malesan lalu menggunakan jatah libur mereka secara berlebihan. Hasilnya pas menjelang akhir semester dimana tugas datang bertubi-tubi, mereka terpaksa bolos kuliah buat ngerjain tugas mata kuliah lain lalu titip absen karena jatah libur mereka udah habis.

Dan menurut gue titip absen adalah bagian dari korupsi absen. Jadi buat kalian mahasiswa yang doyan demo anti korupsi, konsisntenlah dengan tidak titip absen. Atau jangan-jangan ada yang titip absen buat demo anti korupsi

-_____-



Total Tayangan Halaman

Popular Posts