Sebuah blog yang berisi semua tentang perjuangan ngampus, perjuangan anak kos, informatics, teknologi, islami, info-info menarik dan masih banyak yang lainnya :D kunjungi terus blog ini gan !!! -------------------------------------------------------- Blog ini 90% Copy Paste dan 10% Tulisan Sendiri !

Rabu, 12 Februari 2014

Tips Untuk Calon Mahasiswa (Maju Generasi Muda!)


Semester ini merupakan semester galau untuk para adik kelas 3 SMA kita. terutama galau tentang pemilihan kuliah. Ane sendiri merupakan mahasiswa baru, jadi ane ngerasa ini penting banget untuk disampaikan ke adik" kelas 3 SMA.
Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan pada saat mereka mau masuk ke bangku perkuliahan. Berikut beberapa yang harus diperhatikan saat akan memasuki jenjang perkuliahan.

1. Pilihlah Jurusan, Jangan Universitas:

Kebanyakan calon mahasiswa memiliki cita-cita untuk masuk ke kampus ternama. Entah itu di luar negri ataupun di dalam negri.
Tetapi saya disini benar ingin mengingatkan untuk semuanya, Ambillah jurusan yang kalian inginkan.
Tidak ada gunanya kalau kalian masuk kampus ternama jika jurusan tidak sesuai dengan minat kalian. Begitu banyak teman saya yang memilih perguuruan tinggi ternama hanya agar terlihat keren.

Bagaimana akhirnya? Mereka akhirnya belajar angot-angotan dan setengah-setengah dalam proses perkuliahan.


Quote: Seorang mahasiswa sukses akan bangga saat menyebutkan jurusannya, bukan menyebut nama kampusnya .

Quote: Agar Anda mengetahui jurusan apa yang cocok sebaiknya Anda mencari tahu apa saja mata kuliah yang ada di dalamnya. Apakah sesuai dengan minat Anda atau tidak.

2. Hentikan Konsultasi ke Konsultan Pendidikan: 

Konsultan pendidikan biasanya menyarankan Anda masuk ke suatu jurusan berdasarkan observasi objektif seperti nilai Anda. Padahal belum tentu minat Anda kesana.

Ini berdasar pengalaman dari teman saya, ia sebenarnya adalah anak yang pintar. ( kalah ane aja gan)
Namun sayang ia harus menganggur 1 tahun kuliah karena alasan yang gak bermutu.
Ia menunda kuliah karena dibuat bingung oleh konsultan yang menyuruhnya masuk ke jurusan ini dan itu, padahal dia mau masuk ke jurusan lain. Akhirnya ya gitu deh.
Sayang kan???
Quote:Musuh terbesar manusia itu diri sendiri. Hanya kita yang tahu kelemahan dan kekuatan kita

3. Pastikan Diri Anda Sudah Diterima di Salah Satu Kampus: 

Hal ini sangat penting karena biasanya calon mahasiswa memaksakan diri untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) sehingga mereka tidak mendaftar di kampus lain. Sehingga pada saat mereka tidak diterima di PTN mereka tidak mempunyai kampus cadangan sama sekali.

Akibatnya mereka kebingungan sendirai dan menganggur 1 tahun untuk mencoba tahun depan.


4. Carilah Kos / Rumah Pada Awal Tahun:

Setelah Anda yakin di wilayah mana Anda ingin berkuliah, sebaiknya Anda langsung mencari kos / rumah pada awal tahun (Januari-April).

Kenapa???

Karena saat awal tahun masih banyak kos / rumah yang belum ditempati. Kalau sudah mendekati pertengahan tahun (Mei-Juli/Agustus) itu sudah sangat sulit untuk mencari kediaman, dan harganya tentunya lebih mahal.


Sumber: http://www.kaskus.co.id/post/52deaccb41cb17e32f8b458e#post52deaccb41cb17e32f8b458e

Total Tayangan Halaman

Popular Posts