Sebuah blog yang berisi semua tentang perjuangan ngampus, perjuangan anak kos, informatics, teknologi, islami, info-info menarik dan masih banyak yang lainnya :D kunjungi terus blog ini gan !!! -------------------------------------------------------- Blog ini 90% Copy Paste dan 10% Tulisan Sendiri !

Rabu, 12 Februari 2014

Dosen Memberikan Pelajaran Hidup kepada Mahasiswa

Tanpa sadar, dosen telah memberikan pelajaran hidup kepada mahasiswanya

Mahasiswa, sadarkah anda bahwa dosen anda telah memberi pelajaran tentang kerasnya hidup kepada kalian? Mungkin selama ini kalian benci dengan dosen A karena sikapnya, atau kalian benci dosen B karena pelit dengan nilai, atau benci dosen C karena selama bimbingan skripsi dengan beliau kalian selalu dipermainkan. Sadarlah kalian para mahasiswa, pada saat itu dosen kalian sedang menguji kalian dengan pelajaran-pelajaran hidup yang mungkin saja dahulunya adalah pengalaman hidup mereka sendiri, dan mereka coba bagikan kepada kalian sebagai murid mereka. Mereka memberikan pelajaran tersebut secara praktek langsung, tidak lagi melalui buku-buku pelajaran seperti yang kalian dapatkan dibangku sekolah menengah. Karena apa? Karena mereka tahu bahwa kalian telah dewasa dan sudah bisa menilai segala sesuatunya dari kacamata kalian. Tanpa harus didikte, disuap, dan dituntun.


Tahukah kalian, ketika dosen memberikan jadwal kuliah secara mendadak pada kalian…

…itu bukan sekedar untuk mengerjai kalian, namun memberikan pelajaran bahwa dalam instansi tempat kalian bekerja nanti kalian juga akan bertemu dgn yang namanya emergency call of duty atau panggilan tugas darurat. Baik itu panggilan untuk tugas diluar kota, panggilan untuk segera ketempat tugas secepat mungkin, dll. Akankah kalian marah atau kesal kepada instansi tempat kalian bekerja karena membuat panggilan mendadak?


Tahukah kalian, ketika dosen memberikan deadline pengumpulan tugas yang diluar logika…

…itu bukan untuk membuat kalian kesal Karena merasa dipermainkan. Namun untuk melatih kalian berpikir dan bekerja dengan cepat disaat genting. Bagaimana jika bos anda menyuruh anda mengerjakan tugas dalam waktu yang singkat dan harus tuntas-tas-tas dan dipresentasikan? Apakah anda akan mengeluh ke bos anda? Itulah pelajaran dari dosen yang nantinya akan berguna dikehidupan kerja dan karir anda.


Tahukah kalian, ketika kita menunggu dosen sangat lama, padahal kita baru menelponnya dan dia bilang “On The way, bentar lagi saya nyampe”, ternyata dia baru nongol 2 jam kemudian…

…berpikir positiflah, sobat. Dosen tersebut tidak sedang ingin mengerjai anda. Dia justru ingin mengajari kita bagaimana seorang pekerja keras bersabar. Dalam dunia kerja nanti anda akan banyak menemui klien yang sifatnya tidak selalu sama. Anda harus bersabar mengikuti sikap mereka demi untuk mendapatkan simpati mereka. Jangan hanya karena sikap negatifnya memberikan pengaruh yang besar kepada anda, sehingga mengurangi semangat dan integritas anda kepada klien anda tersebut.


Tahukah kalian, ketika dosen memberikan evaluasi yang banyak pada skripsi atau Tugas Akhir kalian…

…itu bukan untuk menunjukkan kepada kalian bahwa dosen tersebut sangat-sangat pintar dan kalian tidak sepintar beliau. Justru dosen ingin memberikan kalian pelajaran tentang keterbukaan kalian menerima kritik. Singkirkan ego kalian ditempat kalian bekerja. Selalu terbuka untuk saran dan kritik apalagi dari atasan dan tidak menutup kemingkinan dari rekan kerja. Banyaknya evaluasi tidak melulu mencerminkan bahwa anda adalah mahasiswa yang bodoh. Singkirkan pula perasaan negatif tersebut. Seorang pekerja keras tidak dinilai dari sedikitnya evaluasi/kritikan kepada dirinya, akan tetapi dinilai dari kesungguhannya untuk berubah menghadapi kritik tersebut, berapapun banyaknya kritikan itu.



Tahukah kalian, ketika dosen membentak dan seakan mencari-cari kesalahan kalian dalam sidang skripsi…

…itu bukan untuk mengerjai kalian yang hatinya sedang gundah menghadapi skripsi. Itu untuk memberikan kalian pelajaran apakah kalian masih bisa berpikir jernih ditengah tekanan. Dalam karir anda nanti mungkin anda akan menemui klien/nasabah yang complain atau atasan yang memarahi hasil kerja anda yang asal-asalan. Dalam keadaan dimana anda merasa telah melakukan yang terbaik namun mereka tidak mau mendengarnya. Dalam keadaan itu apakah kalian masih bisa tenang menerima tekanan tersebut? Berterimakasihlah kepada dosen anda yang telah memberikan pelajaran itu terlebih dahulu kepada anda sebelum anda terjun di dunia karir.


Dan tahukah kalian, ketika dosen mengumumkan nilai sidang skripsi/tugas akhir anda, saat itulah beliau ingin memberikan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada anda karena anda telah berhasil melewati ujian demi ujian untuk digunakan oleh anda meniti karir anda nanti. Dan saat itu merupakan saat paling mengharukan bagi sang dosen, karena telah berhasil menempa anda menjadi seorang pekerja keras dan siap berkarir.



nb : Jika pada saat sekolah dulu kita selalu dijejalkan dengan nasihat dan petuah langsung dari guru bahkan dari buku, pada saat kuliah ini kita tidak lagi diberikan pelajaran itu. Kita bebas untuk menyerap atau mementahkan pelajaran yang langsung dipraktekkan dosen tsb. Berhasil atau gagal, sukses atau terpuruk, itu merupakan pilihan yang harus kita ambil sendiri karena jalan hidup kita, yg menentukan adalah dari kerja keras kita sendiri. Akhir kata, jika sobat mahasiswa masih berpikiran negatif kepada dosen anda, cobalah buang jauh-jauh pikiran tersebut. Tidak semua dosen itu buruk. Justru kajian filosofi kitalah yang buruk sehingga sesuatu yang kita pandang selalu buruk dimata kita.

Total Tayangan Halaman

Popular Posts