Sebuah blog yang berisi semua tentang perjuangan ngampus, perjuangan anak kos, informatics, teknologi, islami, info-info menarik dan masih banyak yang lainnya :D kunjungi terus blog ini gan !!! -------------------------------------------------------- Blog ini 90% Copy Paste dan 10% Tulisan Sendiri !

Selasa, 08 April 2014

Yang Bisa Agan Lakuin Pas Jadi Mahasiswa !



Bagi agan-agan yang masih berstatus jadi mahasiswa, apa aja sih yang biasanya agan lakuin sambil kuliah?
Nggak mau donk ortu kita bayar kuliah mahal-mahal, ternyata agan cuman kuliah-nugas-pulang-kuliah-nugas-pulang, istilah kerennya kupu-kupu.
Nah, ane pengen share hal-hal yang bisa agan lakuin pas jadi mahasiswa. Beberapa ada pengalaman ane sendiri, beberapa ada yang nyomot dari pengalaman temen. Cekidot gan!

Pertama :
1. Gabung Organisasi Kemahasiswaan
Organisasi kemahasiswaan adalah organisasi paling populer di kalangan mahasiswa. Bisa gabung di himpunan jurusan, maupun BEM Fakultas dan Institut. Disini bakal banyak banget belajar mengenai organisasi diri sendiri, organisasi event, bahkan organisasi massa/manusia.


Kedua :
2. Ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (Futsal, Paduan Suara, Pecinta Alam, dsb)
Bagi agan-agan yang punya hobi tertentu, jangan sia-siakan kesempatan untuk gabung di Unit Kegiatan Mahasiswa. Selain dapat menyalurkan hobi temen-temen, kesempatan untuk dapat kecengan juga terbuka lebar, itupun kalo membernya cowok-cewek.


Ketiga :
3. Member Kerohanian
Pengen jadi calon ahli agama? Menjadi member kerohanian adalah pilihan yang tepat! Agan bakalan ngerasa tenteram gabung di kerohanian dan ngerasa selalu deket dengan Tuhan. Gabung di kerohanian nggak melulu tentang pengajian kok gan, agan juga ditantang bikin event -tentunya berhubungan dengan agama- agar mahasiswa lain setidaknya ikut ngerasain manfaat adanya organisasi kerohanian tersebut.


Keempat :
4. Jadi Asisten Laboratorium/Dosen
Bagi agan-agan yang pengen dapat duit dan relasi dosen, jadi asisten laboratorium/dosen perlu jadi pertimbangan agan. Ngisi kelas, responsi, praktikum, bahkan ikut proyek yang dikerjain dosen, bakalan nambah wawasan agan dalam bidang akademik tentunya. Sebagai mahasiswa yang biasanya ngirit, jadi asisten dosen bisa jadi pekerjaan sampingan buat nambah uang saku.


Kelima :
5. Wirausaha!
Buat agan-agan yang punya sense bisnis, berwirausaha bisa jadi pilihan. Dengan banyaknya program wirusaha baik dari pemerintah maupun swasta, urusan modal bukan lagi menjadi masalah. Banyak juga teman-teman kita yang sudah punya franchise/tenant dengan omset puluhan juta tiap bulan.


Keenam :
6. Terlibat di Organisasi Kepemudaan/Pertukaran Pelajar
Agan aktif bahasa inggris? Pengen aktif di bidang kepemudaan? Pengen keluar negeri? Aktif di organisasi kepemudaan/pertukaran pelajar pasti menjadi impian agan. AI*SEC, YO*, dsb, bakal memberikan agan pengalaman yang ga bakal terlupakan. Jalan-jalan keluar negeri gratis, punya temen bule, ngobrol cas cis cus, bakal bikin agan WOW!


Ketujuh :
7. Ikut beberapa kegiatan!
Bagi agan-agan yang ngerasa ikut satu organisasi aja ga cukup, jangan ragu ikut yang lain juga gan! Tapi inget, semua itu amanah. Jangan karena pengen menuhin CV, agan ikut kegiatan ini itu tapi ga ter-maintain dengan baik. So, choose wisely!


Abis tau jenis-jenis aktivitas yang bisa agan lakuin waktu jadi mahasiswa, agan pasti penasaran apa sih manfaatnya aktif di berbagai aktivitas tsb. Nih gan alesannya!


1. Ngembangin softskill
Nggak bisa dipungkiri, kuliah alias kegiatan belajar mengajar di Indonesia, dari SD bahkan hingga kuliah, 85% masih ngutamain hardskill. Agar softskill agan ningkat (leadership, kerjasama, manajemen stres, dsb) maka agan perlu banyak bersosialisasi dan aktif di berbagai kegiatan.

2. Nambah relasi
Alesan ini juga ga kalah penting gan, dengan banyak gabung di berbagai organisasi, agan bakal banyak temen. Makin banyak temen, makin banyak pahala gan! Selain banyak pahala, makin luas jaringan agan buat cari tebengan ato sekedar ngopi film terbaru.

4. Duit gan!
Dapet duit sapa yang ga mau? Selain ngeringanin beban ortu yang nguliahin aga, tentu aja agan pengen nambah uang saku kan? Nah ikut banyak kegiatan tersebut, bisa jadi nambah duit agan. Inget ya Gan, cari dengan cara yg halal. Jangan ngembat dana buat proker kegiatan agan! Hahaha

3. Banyak cerita pas interview kerja
"Kamu waktu kuliah ngapain aja sih?", "Pernah nggak kamu mutusin sesuatu yang sulit?" Kalo agan pernah interview kerja, pasti pernah ngerasain ini. Yang jadi masalah, kalo agan ga pernah terlibat kegiatan ini itu, agan bakalan susah jawabnya.


Cuman itu aja gan yang bisa ane share, semoga bermanfaat. :)


Sumber: http://www.kaskus.co.id/post/5343e2e238cb17937b8b4602#post5343e2e238cb17937b8b4602

Total Tayangan Halaman

Popular Posts