Sebuah blog yang berisi semua tentang perjuangan ngampus, perjuangan anak kos, informatics, teknologi, islami, info-info menarik dan masih banyak yang lainnya :D kunjungi terus blog ini gan !!! -------------------------------------------------------- Blog ini 90% Copy Paste dan 10% Tulisan Sendiri !

Senin, 28 April 2014

UIN Sunan Kalijaga Wisuda 797 Orang Sarjana




Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie mengatakan, tahun 2015 nanti, Indonesia memasuki era pasar bebasASEAN (ASEAN Free Trade Agreement).Era itu dibarengi keadaan negri ini yang surplus demografi (tenaga kerja usia produktif melimpah). Sementara saat ini telah banyak tenaga kerja asing yang menjadi ekspatriat ke Indonesia . Kondisi ini, tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan perguruan tinggi untuk gigih dalam mencari terobosan-terobosan agar bisa mendarma baktikan ilmu ke masyarakat dengan baik, tidak kalah dengan tenaga-kerja luar negeri.


Mempersiapkan diri menghadapi pasar bebas, kampus UIN Sunan Kalijaga sudah sedini mungkin membekali seluruh mahasiswa dengan 2 ketrampilan(soft skill)pendukung berupalanguage skill(bahasa Arab dan Bahasa Inggris), dan penguasaan teknologi informasi dengan baik, serta pengalaman di dunia organisasi mahasiswa,baik organisasi baik intra maupun ekstra kurikuler. Sehingga bekalnya sudah sangat cukup untuk berkompetisi dalam dunia kerja profesional, baik di dalam maupun di luar negeri. Musa Asy’arie berharap, dalam situasi persaingan global yang semakin ketat, seluruh lulusan UIN Sunan Kalijaga memiliki kreatifitas dan mobilitas yang tinggi, serta punya semangat pantang menyerah.


Hal tersebut disampaikan Musa Asy’arie selesai mewisuda sarjana baru UIN Sunan Kalijaga. Pada wisuda periode II tahun akademik 2013/2014 kali ini, UIN Sunan Kalijaga melakukan wisuda 2 kali. Wisuda pertama dilakukan Sabtu, 5 April 2014, dengan jumlah wisudawan 416 orang. Wisuda kedua dilakukan Minggu, 6 April 2014, dengan jumlah wisudawan 381 orang. Jadi total jumlah wisudawan 797 orang. Dengan demikian, sampai wisuda kali ini, jumlah alumni UIN Sunan Kalijaga adalah 43.283 orang, 374 orang diantaranya bergelar Doktor dan 2.657 orang bergelar Magister. Dari sejmlah 416 yang diwisuda Sabtu, 5 April, 4 orang wisudawan berhasil menjadi lulusan terbaik dan tercepat, yakni: Toyyib Alamsyah dari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dengan IPK 3,76, Chichi Aisyatud Da’watiz Zahroh dari Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan IPK 3,82, Norma Latif Fitriyani dari Prodi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Mu’ammar Zayn Qadafy, S. Th.I dari Prodi Agama dan Filsafat, Program Pascasarjana, dengan IPK 3,83. Sementara dari jumlah 381 orang yang diwisuda Minggu, 6 April, juga 4 orang yang berhasil menjadi lulusan terbaik dan tercepat. Yakni : Mustafa Kamal dari Prodi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya dengan IPK 3,82, Cholida Hanum dari Prodi Siyasah, Fakultas Syari’ah dan Hukum, dengan IPK 3,94, Halimatus Sa’diyah dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, dengan IPK 3,87, Anisa Tirta Kusuma Sari dari Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, dengan IPK 3,82. Berhasil meraih predikat wisudawan berprestasi dengan lulus terbaik tercepat pada wisuda periode II kali ini adalah Chichi ‘Aisyatud Da’watiz Zahroh, dengan lama studi 3 tahun 2 bulan 20 hari.


Dalam sambutannya lebih lanjut, Musa Asy’arie menyampaikan, salah satu siasat untuk merespon persaingan global adalah mengembangkan entrepreneurship. Oleh karen itu, UIN Sunan Kalijaga terus menerus mendorong lulusan UIN Sunan Kalijaga untuk menekuni dunia entrepreneurship. Salah satu upaya kampus UIN agar lulusan UIN Sunan Kalijaga membangun kultur wira usaha adalah dengan mengirimkan banyak bahasiswa UIN Sunan Kalijaga untuk magang di berbagai lembaga wira usaha di Yogyakarta . Disamping itu, untuk terus memacu kualitas lulusan yang berkelanjutan, saat ini UIN Sunan Kalijaga telah mempersiapkan diri menujuWorld Class University(WCU) dengan membentuk tim yang menyusun road map menuju WCU. Tim tersebut menyiapkan proposal akademik WCU UIN Sunan Kalijaga dan telah diajukan ke Kementerian Agama RI untuk mendapatkan persetujuan. sebagai PTAIN tertua di Indonesia , mimpi untuk menjadi WCU ini didasarkan adanya sejumlah modal utama yang dimiliki UIN Sunan Kalijaga. Diantaranya SDM pengajar profesional yang sebagian besar telah mencapai gelar guru besar dan doktor. Lulusan luar negeri. UIN Sunan Kalijaga memiliki banyak akademisi yang kepakarannya telah diakui dunia internasional diantaranya dari PBB, UIN Sunan Kalijaga memiliki banyak peneliti yang berpengalaman di dunia internasional dan UIN Sunan Kalijaga merupakan satu-satunya PTAI yang memiliki jurnal internasional yang terindeks di Scopus. Modal lainnya adalah, banyak perguruan tinggi asing yang telah melakukan kerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga. Baru baru ini perguruan tinggi terkemuka di Pakistan yakni, International Islamic University (IIU) Islamabad juga menggandeng UIN Sunan Kalijaga, bekerjasama di bidang peningkatan akademik, penelitian ilmiah, pertukaran dosen dan mahasiswa. Modal lain untuk menjadi WCU adalah saat ini sudah banyak mahasiswa dari luar negeri diantaranya dari Malaysia , Thailand , Rusia dan Filipina, demikian papar Musa Asy’arie.


Kepada para wisudawan, Musa Asy’arie berpesan agar menjadi sarjana muslim yang berakhlakul karimah yang membanggakan almamater, memiliki sikap moral dan etika yang luhur, serta religiusitas yang tinggi, selalu menggelorakan nilai-nilai humanis, egaliter dan multikulturalisme yang bersumber dari ajaran Islam, demikian harap Musa Asy’arie.



Sumber : http://uin-suka.ac.id/index.php/page/berita/detail/842/uin-sunan-kalijaga-wisuda-797-orang-sarjana

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Popular Posts